PENGERTIAN HTML,CSS,Javascript Dalam Pemrograman Web

Assalamualaikum-..-

Hai,kali ini sindi akan membahas apa itu HTML,CSS dan Javascript Dalam Pemrograman Web khususnya Front End atau Tampilan

Jadi sindi akan membahas masing-masing dari HTML,CSS dan Javascript.

Oke guys-..- yang pertama kita bahas adalah tentang HTML. Apa itu HTML?
Hypertext Markup Language atau yang biasa di singkat HTML berfungsi sebagai kerangka dasar dalam pembuatan website, jika di samakan dengan pembuatan rumah mungkin html bisa di katakan tiang,pondasi,tembok dan lain-lain.

Secara umum, fungsi HTML adalah untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di Internet melalui layanan web.

Fungsi HTML yang lebih spesifik yaitu :

  1. Membuat halaman web.
  2. Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
  3. Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).

Contoh Syntax HTML:













Ok guys-..-Sekarang kita akan membahas tentang CSS, Apakah yang di maksud dengan CSS?

CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.
Fungsi utama css adalah merancang, merubah, mendisain, membentuk halaman wesite(blog juga website). dan isi dari halaman website adalah tag-tag html, logikanya css itu dapat merubah tag-tag html(yang sederhana) sehingga menjadi lebih fungsional dan menarik.


Contoh syntax CSS:









Guys-..- kali ini kita lanjut ke Javascript.Apa itu Javascript?


Javascript adalah program dalam bentuk script, yang akan dijalankan oleh interpreter yang telah ditanamkan ke dalam browser web, sehingga browser web dapat mengeksekusi program Javascript. Program Javascript disisipkan ke dalam dokumen HTML dengan ditandai dengan tag yang diawali dengan <Script ...> dan diakhiri dengan </script>.


Fungsi adalah salah satu bagian yang paling indah dari Javascript. Sebagai bahasa fungsional Javascript mengimplementasikan fungsi kelas pertama (first class function). Fungsi dapat disimpan dalam variabel, dikembalikan oleh fungsi lain, dan dikirimkan sebagai argumen untuk fungsi lainnya. Implementasi fungsi yang sangat fleksibel seperti ini membuka banyak kesempatan kepada pengembang untuk menuliskan kode yang bukan hanya berjalan dengan baik, tetapi juga sangat elegan dan indah.
Contoh Syntax Javascript:






Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.